8 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Bedak Tabur

Bedak tabur jadi senjata andalan para wanita saat merias wajah. Biasanya bedak akan memberikan coverage yang sempurna dalam menutupi jerawat sehingga membuat wajah semakin flawless. Nah, salah satu bedak yang jadi senjata andalan itu adalah bedak tabur atau loose powder. Dengan butiran halusnya, bedak ini dapat memberikan coverage yang membuat wajah tampil sempurna.

Namun, ternyata masih banyak orang yang tidak berhati-hati dalam memakainya. Memakai bedak tabur yang benar juga bisa membuat kamu mendapatkan hasil yang diinginkan, serta kulit yang tetap terjadi.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu kamu hindari saat memakai bedak tabur.

1. Salah memakai alat make up

Bedak tabur biasanya cocok digunakan untuk kulit yang berminyak. Ini disebabkan formula dari bedak tabur ini dibuat untuk menyerap minyak di wajah dan membuat tampilan wajah menjadi matte. Namun, saat memakai bedak tabur alangkah baiknya memakai puff atau powder brush yang kamu miliki. Hindarilah pemakaian bedak tabur dengan tangan karena akan membuat kulit kamu iritasi dan mudah terkontaminasi dengan bakteri yang ada di tangan.

2. Tidak memilih warna yang sesuai

Kesalahan dalam memakai bedak tabur bisa jadi salah satu hal yang perlu dihindari. Bedak tabur yang salah dengan warna kulit akan membuat kamu memiliki penampilan yang kurang sempurna. Walau hanya bedak tabur, tapi kamu perlu mencari warna yang sesuai dengan shade kulit. Selain itu, kamu juga bisa memakai bedak tabur translucent yang memiliki fungsi untuk mengunci riasan wajah sehingga make up kamu bisa tahan lebih lama.

3. Tidak menutup bedak

Saat sudah memakai bedak, pastikan untuk menutup rapat kembali produknya. Bedak tabur paling rentan terkena bakteri dari luar saat kamu membiarkan tutupnya terbuka. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa membeli bedak wadah untuk tempat bedak tabur yang memiliki puff atau aplikator. Ini memudahkan kamu saat akan memakai bedak tabur tersebut.

4. Diaplikasikan saat basah

Kesalahan yang sering terjadi saat memakai bedak adalah mengaplikasikan bedak tabur saat basah. Saat akan touch up dan wajah masih berkeringat, maka jangan buru-buru memakai bedak tabur. Sebaiknya kamu membersihkan dan mengeringkan wajah lebih dulu, baru memakai bedak tabur. Bila memaksakan memakai bedak tabur saat kondisi wajah basah maka bedak malah akan menimbulkan jerawat karena menutupi pori-pori wajah.

5. Tidak mencuci powder brush

Pastikan kamu mencuci aplikator seperti puff atau powder brush. Ini dilakukan supaya kulit tidak iritasi. Kuas atau powder brush ini mudah terkena bakteri sehingga kamu perlu memperhatikan kebersihannya. Kamu bisa cuci kuas dengan shampoo dan membersihkan sisa-sisa dari produk bedak. Lakukan mencuci aplikator ini sebanyak sebulan sekali atau dua minggu sekali.

6. Tidak memperhatikan kandungan bedak

Saat akan membeli bedak tabur, perhatikan label produk untuk mengetahui kandungan yang tepat. Pilihlah bedak yang memiliki kandungan yang bebas dari bahan kimia berbahaya dan pewangi buatan. Seperti MS Cosmetic Loose Powder yang terdiri dari dua jenis pilihan. Loose Powder Hay to Shine dan Oily to Matte. Keduanya memiliki kandungan yang alami dan vitamin C sehingga membuat kulit tampak cerah. Formulanya juga bisa digunakan untuk pemilik kulit wajah sensitif, berjerawat, dan berminyak.

7. Tidak mengaplikasikan bedak di leher

Salah satu hal yang suka disepelekan adalah kita hanya fokus merias wajah saja. Padahal untuk membuat tampilan wajah yang sempurna, kamu tidak boleh membuat kulit wajah terlalu kontras dengan kulit leher. Maka dari itu, kamu perlu mengaplikasikan bedak tabur di leher juga, ya!

8. Memakai bedak yang tebal

Masih banyak yang berpikir jika memakai bedak yang tebal akan membuat tampilan jadi lebih soft dan flawless. Padahal hal ini tidak benar. Menurut Lijha Stewart, Director of Artistry and Education Make Up For Ever, memakai bedak yang tebal akan membuat wajah menjadi cakey dan membuat kamu terlihat seperti memakai topeng. Itulah kenapa tidak disarankan untuk memakai bedak dengan lapisan tebal, cukup dengan satu lapisan saja.

Memakai bedak tabur ternyata gampang-gampang susah, jika tidak memperhatikan hal-hal di atas tentunya kamu tidak akan mendapatkan riasan yang sempurna. Yuk, mulai sekarang jangan asal dalam memakai bedak di wajah, ya!


Related Posts

Leave a comment